cover
Contact Name
Keni
Contact Email
keni@fe.untar.ac.id
Phone
+6281807302521
Journal Mail Official
jmkfeuntar@untar.ac.id
Editorial Address
Universitas Tarumanagara Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kampus 2 Universitas Tarumanagara Jln. Tanjung Duren Utara No. 1, Grogol, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia, 11470
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan
ISSN : -     EISSN : 26570025     DOI : 10.24912/jmk
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan e-ISSN 2657-0025 is a collection of articles created by students of Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tarumanagara, as a requirement to achieve Bachelor of Economics degree. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan is published every year on January, April, June, and October by Management Study Program of Faculty of Economics and Business Universitas Tarumanagara. The articles provides researches’ findings on various topics in Management, especially Human Resource Management, Entrepreneurship, Marketing Management, and Financial Management. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan contains article with topics as follows: Marketing Management Financial Management Human Resource Management Entrepreneurship Other relevant topics about Management and Entrepreneurship
Articles 32 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan" : 32 Documents clear
Pengaruh Kesadaran Merek, Loyalitas Merek, dan Kualitas yang Dapat Dirasakan untuk Memprediksi Minat Beli Mega Tri Novrianti Hutabarat; Herlina Budiono
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v4i1.17185

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kesadaran merek, loyalitas merek, dan kualitas yang dapat dirasakan dapat mempengaruhi minat beli produk skincare Scarlett Whitening di Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli dan menggunakan produk perawatan kulit (skincare) Scarlett Whitening di Jakarta. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode non probability sampling dengan teknik convenience sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui sosial media. Software yang digunakan dalam penelitian ialah SmartPLS v.3.2.2 dan analisis dengan PLS-SEM. Hasil dari penelitian ini menghasilkan variabel kesadaran merek dan loyalitas merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pelanggan yang membeli dan menggunakan produk perawatan kulit (skincare) Scarlett Whitening di Jakarta. Hasil dari penelitian ini juga menyatakan variabel kualitas yang dapat dirasakan memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap minat beli pelanggan yang membeli dan menggunakan produk perawatan kulit (skincare) Scarlett Whitening di Jakarta. The purpose of this study was to examine brand awareness, brand loyalty, and perceived quality that could influence purchase intention in Scarlett Whitening skincare products in Jakarta. The population in this study are consumers who buy and use Scarlett Whitening skin care products in Jakarta. The sample in this study was 100 respondents using a non-probability sampling method with a convenience sampling technique. The data collection technique used in this study used a questionnaire distributed through social media. The software used in this research is SmartPLS v.3.2.2 and analysis using PLS-SEM. The results of this study indicate that the variables of brand awareness and brand loyalty have a positive and significant influence on the purchase intention of customers who buy and use Scarlett Whitening skin care products in Jakarta. The results of this study also state that the perceived quality variable has a positive but not significant effect on the purchase intention of customers who buy and use Scarlett Whitening skin care products in Jakarta.
Pengaruh Kompensasi, Kepuasan Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Meditech Indonesia Riski Andriyani; M. Tony Nawawi
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v4i1.17191

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan, pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan dan pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Meditech Indonesia. Subjek yang terdapat dalam penelitian ini adalah sebanyak 34 responden yaitu merupakan para karyawan PT. Meditech Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel dengan adalah sampel jenuh.  Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) yang merupakan aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kompensasi memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan, kepuasan kerja memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan, dan stres kerja tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan. This research was conducted with the aim of knowing the effect of compensation on employee performance, the effect of job satisfaction on employee performance and the effect of job stress on employee performance at PT. Meditech Indonesia. The subjects contained in this study were 34 respondents, namely employees of PT. Meditech Indonesia. This study uses a sampling method with a saturated sample. Analysis of the data used in this study is Partial Least Square (PLS) which is a SmartPLS 3.0 application. The findings of this study indicate that compensation has an effect on employee performance, job satisfaction has an influence on employee performance, and job stress has no effect on employee performance.
Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Loyalitas Karyawan di Industri Kreatif Verontino Fernando Giovanni; Mei Ie
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v4i1.17196

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan kepuasan kerja terhadap loyalitas karyawan pada Industri Kreatif di Jakarta. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 51 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah PLS-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap loyalitas karyawan dan kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap loyalitas karyawan. This study aims to determine the effect of work environment and job satisfaction on employee loyalty in the Creative Industry in Jakarta. The number of samples used in the study were 51 respondents. The sampling method used non-probability sampling with purposive technique. The data analysis method in this study is PLS-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). The results of the study concluded that the work environment had a positive effect on employee loyalty and job satisfaction had a positive effect on employee loyalty.
Daftar Isi Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan Vol. 4 No. 1 Keni Keni
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v4i1.17204

Abstract

Daftar Isi Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan Vol. 4 No. 1
Pengaruh Keterampilan, Orientasi Pasar, dan Jaringan Usaha terhadap Kinerja UMKM Melalui Kompetensi Wirausaha Andrean Yusuf; Lydiawati Soelaiman
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v4i1.17120

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan kewirausahaan, orientasi pasar, dan jaringan usaha terhadap kinerja usaha UMKM di Jakarta dengan kompetensi wirausaha sebagai variabel mediasi. Peneliti menyebarkan kuesioner pada seluruh pemilik usaha UMKM di Jakarta dengan menggunakan purposive dan snowball sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), yang diolah dengan bantuan Software SmartPLS 3. Hasil dari penelitian menunjukkan keterampilan kewirausahaan dan jaringan usaha tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kompetensi wirausaha, tetapi orientasi pasar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi wirausaha sedangkan kompetensi wirausaha memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja usaha. Hasil penelitian juga menunjukkan kompetensi wirausaha tidak mampu memediasi keterampilan wirausaha maupun jaringan usaha terhadap kinerja usaha UMKM di Jakarta, tetapi kompetensi wirausaha mampu memediasi orientasi pasar terhadap kinerja usaha UMKM di Jakarta. Hasil penelitian diharapkan memberikan manfaat bagi pemilik usaha UMKM di Jakarta untuk meningkatkan keterampilan-keterampilan, jaringan usaha, orientasi pasar, kompetensi wirausaha dalam rangka mengembangkan kinerja usaha yang lebih baik. The purpose of this study was to determine the effect of entrepreneurial skills, market orientation, and business networks on the business performance of MSMEs in Jakarta with entrepreneurial competence as a mediating variable. Researchers distributed questionnaires to SME business owners in Jakarta using purposive and snowball sampling. The data analysis method in this study is a quantitative method using Structural Equation Modelling (SEM), which is processed by SmartPLS 3 Software. The results of this study indicate that entrepreneurial skills and business networks do not have a significant effect on entrepreneurial competence, but market orientation has a significant influence on entrepreneurial competence, while entrepreneurial competence has a significant influence on business performance. The results also show that entrepreneurial competence is not able to mediate entrepreneurial skills and business networks on SME business performance in Jakarta, but entrepreneurial competence is able to mediate market orientation to SME business performance in Jakarta. The results of the research are expected to provide benefits for SME business owners in Jakarta to improve skills, business networks, market orientation, entrepreneurial competence for better business performance.
Struktur Modal Perusahaan Property dan Real Estate Ellyana Ellyana; Herman Ruslim
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v4i1.17168

Abstract

Tujuan dilakukan nya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari profitabilitas, likuiditas, collateral dan investment opportunity terhadap struktur modal baik secara parisal maupun secara simultan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang bergerak di sektor property dan real estate yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) periode 2016-2019 dengan pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel (Panel Least Square) yang diuji dengan menggunakan software Eviews 11 Student Version. Adapun hasil dari penelitian ini adalah profitabilitas berpengaruh secara negative dan signifikan dan investment opportunity berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap stuktur modal, sedangkan likuiditas dan collateral tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap struktur modal. Secara simultan semua variabel yang diteliti mepunyai pengaruh yang signifikan terhadap struktur modal. Abstract: The purpose of this research is to analyze the effect of profitability, liquidity, collateral and investment opportunity on the capital structure both parisally and simultaneously. This research was conducted on companies engaged in the property and real estate sectors listed on the IDX (Indonesia Stock Exchange) for the period 2016-2019 by selecting samples using purposive sampling technique. The method used in this research is panel data regression analysis (Panel Least Square) which was tested using Eviews 11 Student Version software. The results of this study are that profitability has a negative and significant effect and investment opportunity has a positive and significant effect on capital structure, while liquidity and collateral do not have a significant effect on capital structure. Simultaneously all the variables studied have a significant influence on the capital structure.
Pengaruh Inovasi, Pengambilan Risiko, Proaktif, Otonomi dan Agresivitas Bersaing terhadap Kinerja UKM di Jakarta Barat Harry Wilson; Ida Puspitowati
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v4i1.17174

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh inovasi, pengambilan risiko, proaktif, otonomi dan agresivitas bersaing terhadap kinerja UKM di Jakarta Barat. Metode penentuan sampel menggunakan metode  non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang di bagikan kepada 50  responden. Analisis data menggunakan analisis SEM PLS. Hasil analisis menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh inovasi, pengambilan risiko, proaktif, otonomi dan agresivitas bersaing terhadap kinerja UKM di Jakata Barat. The purpose of this study was to determine and analyze the effect of innovativeness, risk-taking, pro-activeness, autonomy and competitive aggressiveness on the performance of SMEs in West Jakarta. The sampling method used non-probability sampling method with purposive sampling type. The data collection method used a questionnaire which was distributed to 50 respondents. Data analysis using SEM PLS analysis. The results of the analysis conclude that there is an effect of innovativeness, risk-taking, pro-activeness, autonomy and competitive aggressiveness on the performance of SMEs in West Jakarta.
Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepmimpinan terhadap Kepuasan Kerja PT Global Digital Republic di Jakarta Michelle Michelle; Ronnie Resdianto Masman
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v4i1.17186

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja karyawan PT Global Digital Republic di Jakarta. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan yang bekerja pada PT Global Digital Republic, dan terdapat 42 responden dalam penelitian ini. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif antara budaya organisasi dan gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja karyawan. The purpose of this study was to determine the effect of organizational culture and leadership style on job satisfaction of PT Global Digital Republic employees in Jakarta. The population in this study were employees who worked at PT Global Digital Republic, and the respondents in this study amounted to 42 people. The results of this study indicate that there is a positive influence between organizational culture and leadership style on employee job satisfaction.
Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image dan Brand Awareness terhadap Purchase Decision Rivan Christian Hariyanto; Andi Wijaya
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v4i1.17192

Abstract

Duta merek adalah alat yang digunakan oleh perusahaan untuk menyalurkan informasi dan mengomunikasikan tentang produk. Citra merek adalah sebuah gambaran atau proyeksi konsumen tentang merek. Kesadaran merek adalah seberapa paham atau pengetahuan tentang suatu produk. Keputusan pembelian adalah tindakan untuk memilih dan mengambil keputusan untuk membeli suatu merek. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh dari duta merek, citra merek dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian Under Armour di Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah para pembeli produk Under Armour. Teknik pemilihan sampel yang akan digunakan pada penelitian ini adalah non-probability sampling. Data yang telah diperoleh dengan menggunakan kuesioner melalui googleform. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa duta merek dan kesadaran merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan citra merek memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand ambassadors are tools used by companies to channel information and communicate about products. Brand image is a picture or projection of consumers about the brand. Brand awareness is how much you understand or know about a product. Purchasing decisions are actions to choose and make decisions to buy a brand. This study aims to study the influence of brand ambassadors, brand image and brand awareness on Under Armor purchasing decisions in Jakarta. The population in this study are the buyers of Under Armor products. The sampling technique used in this research is non-probability sampling. The data has been obtained by using a questionnaire via googleform. The results in this study indicate that brand ambassadors and brand awareness have a positive and significant influence on purchasing decisions while brand image has a positive but not significant effect on purchasing decisions.
Pengaruh Efisiensi Operasional, Efektivitas Pemasaran, dan Financial Leverage terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Viola Sahlan; Maswar Abdi
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v4i1.17197

Abstract

Kinerja Keuangan mampu memberikan gambaran atas keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuannya. Kinerja keuangan diukur melalui ROE, dimana rasio tersebut menunjukan kemampuan perusahaan dalam meningkatkan keuntungan atas modal yang dimiliki pemegang saham / pemilik perusahaan. Dalam meningkatkan kinerja tersebut, efisiensi operasional, efektivitas pemasaran, dan financial leverage digunakan sebagai variabel yang mempengaruhi kinerja keuangan. Faktor-faktor tersebut diukur melalui rasio keuangan yaitu Expense to Sales sebagai alat ukur Efisiensi, Total Assets Turnover sebagai alat ukur Efektivitas, dan Debt to Equity Ratio sebagai alat ukur Financial Leverage. Penelitian ini dilakukan terhadap perusahaan subsektor farmasi yang terdaftar di BEI pada periode 2015-2019. Metode yang digunakan dalam melihat pengaruh variabel independen adalah analisis regresi berganda data panel dengan menggunakan perangkat lunak e-views 10.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efisiensi operasional, efektivitas pemasaran, dan financial leverage memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja keuangan. Financial performance is able to provide an overview of the company's success in achieving its objectives. Financial performance is measured through ROE, because the ratio shows the ability of the company in increasing the profit on capital owned by shareholders / owners of the company. In improving the performance, operational efficiency, marketing effectiveness, and financial leverage are used variables that effected the financial performance. These factors are measured through financial ratios of Expense to Sales as a measure of efficiency, Total Assets Turnover as a measure of Effectiveness, and Debt to Equity Ratio as a measure of Financial Leverage. This study was conducted on sub-sector pharmaceutical companies listed on the Stock Exchange in the period 2015-2019. The method used in determining the effect of independent variables is multiple panel data regression analysis using e-views 10.0 software. The results show that the operational efficiency, marketing effectiveness, and financial leverage have a significant effect on financial performance.

Page 1 of 4 | Total Record : 32